Pantangan bagi penderita Rematik

Makanan Yang Dihindari Bagi Penderita Rematik - Ada beberapa jenis makanan yang perlu anda dihindari oleh penderita penyakit rematik. Makanan-makanan terebut adalah sebagai berikut.
1.      jeroan
2.      otak udang
3.      ikan yang diawetkan, misalnya sarden
4.      ikan asin
5.      ikan asap
6.      daging yang diawetkan (ham, sosis)


7.      alkohol, makanan yang diawetkan
8.      kacang-kacangan
9.      asparagus
10.     kangkung
11.     rebung
12.     daging
13.     kambing
14.     emping melinjo
Daftar di atas penting untuk anda catat, karena terkadang kita lupa mengkonsumi makanan yang memang perlu dihindari bagi penderita rematik.

Tips Untuk Penderita Rematik

Arthritis Reumatoid merupakan salah satu penyakit rematik yang paling sering.  Tidak hanya pada usia lanjut namun dapat juga mengenai usia muda.
Anda yang mengalami penyakit ini pasti sulit menjalani kegiatan sehari-hari dengan ada nya nyeri, deformitas sendi, dan mungkin sudah menyerah dan menggunakan kursi roda.
Tips-tips dibawah ini dapat membantu anda untuk mengurangi gejala diatas dan dapat menjalani kegiatan sehari-hari tanpa dihambat oleh rematik.
  • Konsultasi kan penyakit arthritis reumatoid anda dengan dokter ahli reumatologi.  Hal ini sangat penting untuk menentukan pengobatan mana yang tepat untuk anda. Apabila anda sudah mendapatkan pengobatan yang tepat, tetap teruskan obat-obatan sesuai dengan indikasi.
  • Jangan ragu-ragu untuk meminta bantuan orang lain bila sedang mengalami nyeri atau lainnya.
  • Tetap melakukan olah raga. Olah raga merupakan satu hal yang penting untuk menjaga anda tetap mobil (bergerak). Saat anda menggerakkan sendi, anda sudah menjaga sendi anda kuat dan fleksibel
  • Gunakan alat bantu bila perlu. Untuk usia lanjut disarankan untuk menggunakan tongkat pada sendi yang sakit. Selain itu gunakan sepatu yang cocok untuk kaki anda.  Dengan menggunakan sepatu yang cocok untuk menopang anda akan mengurangi nyeri dan jatuh.
  • Istirahat yang cukup. Peneliti menganjurkan jika kita tidur yang cukup dapat mecegah kelelahan dan nyeri.
  • Makan makanan yang sehat. Masih banyak penelitian yang dikerjakan mengenai hubungan makanan dan arthritis reumatoid (rematik). Anda dianjurkan makan makanan yang rendah lemak dan kalori, kaya akan buah, sayuran dan gandum.
  • Terapi panas dan dingin. Terapi panas dan dingin dianjurkan untuk menghilangkan nyeri dan meningkatkan mobilitas sementara pada sendi yang kaku. kompres panas dapat menurunkan ketegangan otot dan melancarkan sirkulasi darah. Sedangkan compress dingin dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan dan sangat membantu mengurangi rasa nyeri


- See more at: http://nyiaran.blogspot.com/2014/02/cara-membuat-tombol-next-page-dengan.html#sthash.NghWWoZK.dpuf